Selasa, 29 Mei 2012

BAB III


BAB III
ANALISA DAN DESAIN

3.1 System Flow
Flowchart sistem adalah cara menampilkan bagaimana data mengalir dalam suatu sistem dan bagaimana keputusan dibuat untuk mengontrol acara.
Untuk menggambarkan hal ini, simbol yang digunakan. Mereka terhubung bersama-sama untuk menunjukkan apa yang terjadi pada data dan mana ia pergi. Yang dasar meliputi:

Gambar 3.1 Simbo-simbol Sysflow
Perhatikan bahwa sistem flow chart sangat mirip dengan diagram aliran data. Data flow chart tidak termasuk keputusan, mereka hanya menunjukkan jalan bahwa data yang diperlukan, dimana diadakan, diproses, dan kemudian output.
Untuk sistem untuk bekerja di sana adalah input dan output. Proses ini mengambil input dan melakukan sesuatu dengan itu - memodifikasi dalam beberapa cara - dan menghasilkan output. Dalam sistem komputer pengolahan akan dilakukan oleh mikroprosesor dari beberapa jenis.
Umpan balik adalah output makan kembali ke input. Flowchart cruise control adalah contoh dari umpan balik negatif karena kecepatan selalu dijaga pada nilai yang sama. Umpan balik positif akan mendorong kecepatan jauh dari nilai yang diinginkan.
Contoh input:
·         Keyboard
·         mouse
·         mikropon
·         kamera
·         sensor tekanan
·         sensor suhu
·         sensor magnetik
·         sensor cahaya
Contoh output:
·         printer
·         speaker
·         motor
·         monitor
·         lampu / LED
           
            Berikut adalah sysflow dari Sistem Informasi Perpustakaan, dimana sysflow tersebut menjelaskan alur sistem pada dimensi Waktu. Pada dimensi awalnya menampilkan grafik data berdasarkan tahun, bila ingin melihat lebih detail maka akan muncul grafik data berdasarkan bulan.

Gambar 3.2 Sysflow Dimensi Waktu

Berikut adalah sysflow dari Sistem Informasi Perpustakaan, dimana sysflow tersebut menjelaskan alur sistem pada dimensi Mahasiswa. Pada dimensi ini awalnya menampilkan grafik data berdasarkan fakultas, bila ingin melihat lebih detail maka akan muncul grafik data berdasarkan jurusan.
Gambar 3.3 Sysflow Dimensi Mahasiswa

Berikut adalah lanjutan sysflow dari dimensi mahasiswa. Bila ingin melihat lebih detail dari grafik berdasar jurusan, maka akan muncul grafik data berdasarkan angkatan.




Gambar 3.4 Lanjutan Sysflow Dimensi Mahasiswa
Berikut adalah Sysflow Sistem Informasi Eksekutif Perpustakaan. Pada sysflow berikut menampilkan alur sistem pada dimensi Produk untuk data buku. Pada dimensi ini awalnya menampilkan grafik data berdasarkan status buku, bila ingin melihat lebih detail maka akan muncul grafik data berdasarkan bahasa.


Gambar 3.5 Sysflow Dimensi Produk
3.2 Context Diagram
Context Diagram adalah kasus khusus DFD (bagian dari DFD yang berfungsi memetakan model lingkungan), yang direpresentasikan dengan lingkaran tunggal yang mewakilli keseluruhan sistem.
CD menyoroti sejumlah karakteristik penting sistem yaitu:
·         Kelompok pemakai, organisasi atau sistem lain dimana sistem kita melakukan komunikasi yang disebut juga sebagai terminator.
·         Data masuk, data yang diterima dari lingkungan dan harus diproses dengan cara tertentu.
·         Data keluar, data yang dihasilkan sistem kita dan diberikan ke dunia luar.
·         Penyimpanan data (data store) yang digunakan secara bersama antara sistem kita dengan terminator. Data ini dapat dibuat oleh sistem  dan digunakan oleh lingkungan dan sebaliknya, dibuat oleh lingkungan dan digunakan oleh sistem kita. Hal ini berarti pembuatan symbol data store dalam CD dibenarkan, dengan syarat symbol tersebut merupakan bagian dari dunia  di luar sistem.
·         Batasan antara sistem kita dan lingkungan (rest of the world).
CD dimulai dengan penggambaran terminator, aliran data, aliran control, penyimpanan, dan proses tunggal yang merepresentasikan keseluruhan sistem. Bagian termudah adalah menetapkan proses yang hanya terdiri dari satu lingkaran dan diberi nama yang mewakili sistem. Nama dalam hal ini dapat menjelaskan proses atau pekerjaan atau dalam kasus ekstrim berupa nama perusahaan yang dalam hal ini mewakili proses yang dilakukan keseluruhan organisasi.
Aturan-aturan CD:
·         Jika terdapat terminator yang mempunyai banyak masukan dan keluaran, diperbolehkan untuk digambarkan lebih dari satu kalli sehingga mencegah penggambaran yang terlalu rumit, dengan ditandai secara khusus untuk menjelaskan bahwa terminator yang dimaksud adalah identik. Tanda tersebut dapat berupa asterisk (*) atau garis silang #.
·         Jika terminator mewakili individu (personil) sebaiknya diwakili oleh peran yang dimainkan personil tersebut. Alasan pertama adalah, personil yang berfungsi untuk melakukan itu dapat berganti sedangkan CD harus tetap akurat  walaupun personil berganti. Alasan kedua adalah seorang personil dapat memainkan lebih dari satu peran.
·         Karena focus utama kita adalah mengembangkan model esendi maka penting untuk membedakan sumber (sources) dan pelaku (handler). Pelaku adalah mekanisme, perangkat, atau media fisik yang mentransportasikan data ke/dari  sistem. Karena pelaku seringkali familier dengan pemakai dalam implementasi sistem berjalan, maka sering menonjol sebagai sesuatu yang harus digambarkan lebih dari sumber data itu sendiri. Sedangkan sistem baru dengan konsep pengembangan teknologinya membuat pelaku menjadi sesuatu yang tidak perlu digambarkan.
Aliran dalam CD memodelkan masukan ke sistem dan keluaran dari sistem, seperti halnya sinyal control yang idterima atau dibuat sistem. Aliran data hanya digambarkan jika diperlukan untuk mendeteksi kejadian dalam lingkungan dimana sistem harus memberikan respon atau membutuhkan data untuk menghasilkan respon. Selain itu aliran data dibutuhkan untuk menggambarkan transportasi antara sistem dan terminator. Dengan kata lain aliran data digambarkan jika data tersebut diperlukan untuk menghasilkan respon pada kejadian tertentu.
            Berikut adalah Context Diagram dari Sistem Informasi Ekekutif Perpustakaan:

Gambar 3.6 Context Diagram Sistem

3.2 Diagram Jenjang
Diagram berjenjang merupakan alat perancangan sistem yang dapat menampilkan seluruh proses yang terdapat pada suatu aplikasi tertentu dengan jelas dan terstruktur. Secara garis besar dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 3.7 Diagram Jenjang Sistem
3.3 Data Flow Diagram Levelled
Model ini menggambarkan sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data (selanjutnya kita sebut DFD). Sebagai perangkat analisis, model ini hanya mampu memodelkan sistem dari satu sudut pandang yaitu sudut pandang fungsi. Pada sejumlah kasus, model ini biasanya dinamakan berbeda seperti bubble chart, buble diagram, process model, workflow diagram, dan function model.
Berikut adalah Data Flow Diagram Sistem Level O:
Gambar 3.8 DFD Level 0
DFD Level 1 adalah gambaran lebih detail dari DFD level 0. Berikut adalah DFD level 1 dari Sistem Informasi Eksekutif Perpustakaan:


Gambar 3.9 DFD Level 1

3.4 Entity-Relationship Diagram
ERD adalah model konseptual yang mendeksripsikan hubungan antar penyimpanan (dalam DFD). Karena itu, ERD berbeda dengan DFD (DFD memodelkan fungsi sistem), atau dengan STD (state transition diagram, yang memodelkan sistem dari segi ketergantungan terhadap waktu).
ERD digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, karena hal ini relatif kompleks. Dengan ERD kita dapat menguji model dengan mengabaikan proses yang harus dilakukan. Dan dengan ERD kita mencoba menjawab pertanyaan seperti; data apa yang kita perlukan? Bagaimana data yang satu berhubungan dengan data yang lain?
ERD pertama kali dideskripsikan oleh Peter Chen (The Entity Relationship Model – To – ward a Unified of Dat, March 1976). Dalam buku ini Chen mencoba merumuskan dasar-dasar model. Setelah itu dikembangkan dan dimodifikasi oleh Chen dan banyak pakar lain. Pada saat ini ERD dibuat sebagai bagian dari perangkat lunak CASE yang juga melakukan modifikasi khusus (versi CASE), karena itu tidak ada bentuk tunggal dan standar dari ERD (suatu saat kita mungkin akan menemukan sebagian dari variasi ERD).
ERD menggunakan sejumlah notasi dan symbol untuk menggambarkan struktur dan hubungan antar data. Pada dasarnya ada tiga macam symbol yang digunakan yaitu;
·         Entiti: suatu obyek yang dapat diidentifikasi dalam lingkungan pemakai, sesuatu yang penting bagi pemakai dalam konteks sistem yang akan dibuat. Sebagai contoh pelanggan, pekerja, dan lain-lain. Seandainya x adalah isi dari pekerja, sedangkan jika y adalah seorang pelanggan maka y adalah isi dari pelanggan. Karena itu harus dibedakan antara entity sebagai bentuk umum dari deskripsi tertentu dan isi entity seperti x dan y dalam contoh diatas.
·         Atribut: entity mempunyai elemen yang disebut atribut, dan berfungsi mendeskripsikan karakter entity. Sebagai contoh atribut nama pekerja. Dalam hal ini untuk setiap ERD bisa terdapat lebih dari satu atribut misalnya entiti item mempunyai atribut deskripsi_item, warna_item dan ukuran_item.
·         Hubungan: entiti dapat berhubungan satu sama lain. Hubungan ni dinamakan relationship (relasi). Sebagaimana halnya entiti maka dalam hubunganpun harus dibedakan antara hubungan atau bentuk hubungan antar entiti dengan isi dari hubungan itu sendiri. Misalnya dalam kasus hubungan antara entiti siswa dan entity mata_kuliah adalah mengikuti, sedangkan isi hubungannnya dapat berupa nilai_ujian.
Sebagai catatan; ketika kita akan membuat pemodelan sebaiknya tidak berorientasi pada seberapa jauh akurasi desain memodelkan dunia nyata tetapi apakah desain tersebut sudah cukup akurat memodelkan kebutuhan pemakai dalam lingkungannya.

3.5 CDM dan PDM
3.5.1        CDM (Conceptual Data Model) :
Model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi obyek-obyek dasar yang dinamakan entitas (entity) serta hubungan (relationship) antara entitas-entitas itu (Tutorial Pemrograman: 2009). Biasanya direpresentasikan dalam bentuk Entity Relationship Diagram (ERD). Tipe data bersifat lebih khusus dan spesifik.  Perancangan PDM merupakan representasi fisik / sebenarnya dari database.
Conceptual Data Model adalah bentuk konsep dari desain database (ERD), sebelum digenerate menjadi Physical Data Model (PDM).

Manfaat Penggunaan CDM dalam perancangan database :
-          Memberikan gambaran yang lengkap dari struktur basis data yaitu arti, hubungan, dan batasan-batasan
-          Alat komunikasi antar pemakai basis data, designer, dan analis.

Gambar 3.10 Gambar Concept Data Model

3.5.2 PDM (Phsical Data Model)
Merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut (Tutorial Pemrograman: 2009). Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik. Untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan suatu sistem database.

Gambar 3.11 Gambar Phisical Data Model
3.6      Struktur Tabel
Struktur tabel merupakan uraian dari tabel-tabel yang terdapat pada database sistem. Tabel-tabel tersebut berfungsi untuk menyimpan data. Adapun tabel-tabel yang digunakan dalam membuat sistem ini adalah sebagai berikut:
3.6.1 Tabel Buku
Primary Key                : id_buku
Foreign Key                : id_pinjam, id_bahasa
Fungsi                         : Untuk menyimpan data buku yang ada.
Tabel 3.1 Struktur Tabel Buku
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_buku
Varchar
5
PK
Id_bahasa
Varchar
5
FK
Id_pinjam
Varchar
5
FK
Judul_buku
varchar
50
-
No_inv
char
20
-
Copy
char
2
-
Asal_buku
char
10
-
Tanggal_masuk_buku
Datetime
-
-
Tanggal_proses_buku
Datetime
-
-
Ket_buku
Char
50
-
Status_buku
Varchar
15
-
3.6.2 Tabel Pinjam
Primary Key                : id_pinjam
Foreign Key                : id_anggota
Fungsi                         : menyimpan data pinjam
Tabel 3.2 Struktur Tabel Pinjam
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_pinjam
Varchar
5
PK
Id_anggota
Varchar
5
FK
Tgl_pinjam
datetime
-
-
Tgl_Perpanjang
Datetime
-
-
Tgl_Deadline
Datetime
-
-
Tgl_Kembali
Datetime
-
-

3.6.3 Tabel Anggota
Primary Key                : id_anggota
Foreign Key                : id_jurusan, id_pengunjung
Fungsi                         :menyimpan data anggota



Tabel 3.3 Struktur tabel Anggota
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_anggota
char
5
PK
Id_jurusan
char
5
FK
Id_pengunjung
varchar
5
FK
Nama_anggota
Varchar
30
-
Alamat_anggota
Varchar
50
-
Telp_anggota
Integer
-
-
Angkatan
Varchar
5
-
Status
Varchar
10
-

3.6.4 Tabel Jurusan
Primary Key                : id_jurusan
Foreign Key                : id_fakultas
Fungsi                         : Menyimpan data jurusan
Tabel 3.4 Struktur Tabel Jurusan
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_jurusan
Varchar
5
PK
Id_fakultas
Varchar
5
FK
Nama_jurusan
Varchar
30
-
Ket_jurusan
Varchar
20

3.6.5 Tabel Bahasa1
Primary Key                : id_bahasa
Foreign Key                : -
Fungsi                         : Menyimpan data bahasa
Tabel 3.5 Struktur Tabel Bahasa
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_ bahasa
Varchar
5
PK
Nama_bahasa
Varchar
15
-

3.6.6 Tabel Pengunjung
Primary Key                : id_pengunjung
Foreign Key                : -
Fungsi                         : Menyimpan data Pengunjung
Tabel 3.6 Struktur Tabel Pengunjung
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_ pengunjung
Varchar
5
PK
Kritik_saran
Varchar
50
-
Tgl_kunjungan
datetime
-
-


3.6.7 Tabel Fakultas
Primary Key                : id_fakultas
Foreign Key                : -
Fungsi                         : Menyimpan data Fakultas
Tabel 3.6 Struktur Tabel Fakultas
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_ fakultas
Varchar
5
PK
Kritik_saran
Varchar
30
-

3.6.8 Tabel Memiliki
Primary Key                : -
Foreign Key                : Id_buku, Id_jurusan
Fungsi                         : Menyimpan data Fakultas
Tabel 3.8 Struktur Tabel Fakultas
Field
Tipe Data
Length
Keterangan
Id_buku
Varchar
5
FK
Id_jurusan
Varchar
5
FK


3.7      Desain Interface
Adalah desain tampilan dari aplikasi sistem yang dibuat. Form aplikasi yang nantinya akan dibuat kurang lebih hampir sama denga desain interfae dibawah ini. Berikut adalah desain interface dari aplikasi sistem:

3.7.1        Form Login

Cancel
 


OK
 
Text Box: Username

Password
Gambar 3.12 Desain Form Login
Dalam form login, hanya terdapat dua textbox dan dua button. Kedua text box berfungsi untuk mengisikan username dan password, sedangkan dua button tersebut berfungsi untuk melanjutkan proses login (tombol OK) dan untuk tidak melanjutkan proses login (tombol Cancel).
Pada form ini, proses akan mengakses tabel login pada database setelah kedua textbox telah terisi lalu menekan button OK.



3.7.2        Form Tab Waktu

Keluar
 


Lihat
 
Text Box:  Data
Tahun              s/d
Gambar 3.13 Desain Tab Dimensi Waktu
Form diatas adalah tab dari Dimensi Waktu. Dalam form diatas terdapat 2 pilihan berupa combobox, antara lain tentang: Data apa saja yang dapat dilihat (seperti: buku, pinjam dan pengunjung) dan Rentang tahun untuk menampilkan grafik.
Sedangkan untuk tombol, form diatas hanya memiliki 2 tombol, yaitu: Tombol Lihat untuk memproses grafik setelah pilihan data dan pilihan waktu telah dipilih dan Tombol Keluar untuk menutup aplikasi.




3.7.3        Form Grafik Waktu

Kembalii
 


Cetak
 

grafik
 

Keluar
 
Text Box:
Gambar 3.14 Desain form Grafik Dimensi Waktu
Pada form ini hanya menampilkan grafik dari pilihan data dan waktu yang telah ditentukan dari form sebelumnya. Grafik yang ditampilkan adalah jumlah data berdasarkan tahun yang ditentukan tersebut. Masing-masing batang pada dimensi waktu ini bisa diklik dan akan menampilkan grafik per bulan dari tahun yang diklik.
Form ini hanya memiliki 3 tombol, yaitu: Tombol Cetak untuk mencetak grafik, Tombol Kembali untuk menampilkan form sebelum form grafik ini dan Tombol Keluar untuk menutup aplikasi ini.




3.7.4        Form Tab Mahasiswa

Lihat
 


Keluar
 
Text Box:  
Data
Gambar 3.15 Desain Form Tab Dimensi Mahasiswa
Form diatas adalah tab dari Dimensi Waktu. Berbeda dengan Tab Dimensi Waktu, Tab dalam form Dimensi Mahasiswa diatas hanya terdapat sebuah combobox tentang Data apa saja yang dapat dilihat (seperti: buku, pinjam dan pengunjung). Sedangkan untuk tombol, form Tab Dimensi Mahasiswa ini hanya memiliki 2 tombol, yaitu: Tombol Lihat untuk memproses grafik setelah pilihan data telah ditentukan dan Tombol Keluar untuk menutup aplikasi.
Untuk berpindah ke dimensi lain, dapat mengklik tab dari dimensi yang lain (dimensi waktu dan dimensi produk).



3.7.5        Form Grafik Mahasiswa

Kembalii
 


Cetak
 

grafik
 

Keluar
 
Text Box:
Gambar 3.16 Desain Form Grafik Dimensi Mahasiswa
Pada form ini hanya menampilkan grafik dari pilihan data yang telah ditentukan dari form sebelumnya. Grafik yang ditampilkan adalah jumlah data berdasarkan fakultas. Sama dengan grafik pada Dimensi Waktu, masing-masing batang pada dimensi Mahasiswa ini bisa diklik dan akan menampilkan grafik per jurusan dari fakultas yang diklik. Dan masing-masing jurusan tersebut dapat diklik juga dan akan menampilkan grafik jumlah data berdasar angkatan.
Form ini hanya memiliki 3 tombol, yaitu: Tombol Cetak untuk mencetak grafik, Tombol Kembali untuk menampilkan form sebelum form grafik ini dan Tombol Keluar untuk menutup aplikasi ini.


3.7.6        Form Tab Produk

Keluar
 


Lihat
 
Text Box:  
Data
Gambar 3.17 Desain Form Tab Dimensi Produk
Form diatas adalah tab dari Dimensi Produk. Sama seperti Tab Dimensi Waktu dan Dimensi Mahasiswa, Tab dalam form Dimensi Produk diatas hanya terdapat sebuah combobox tentang Data apa saja yang dapat dilihat (seperti: buku, pinjam dan pengunjung). Sedangkan untuk tombol, form Tab Dimensi Mahasiswa juga memiliki 2 tombol, yaitu: Tombol Lihat untuk memproses grafik setelah pilihan data telah ditentukan dan Tombol Keluar untuk menutup aplikasi.
Untuk berpindah ke dimensi lain, dapat mengklik tab dari dimensi yang lain (dimensi waktu dan dimensi mahasiswa).



3.7.7        Form Grafik Produk

Keluar
 


Cetak
 

Kembalii
 

grafik
 
Text Box:
Gambar 3.18 Desain Form Grafik Dimensi Produk
Pada form ini hanya menampilkan grafik dari pilihan data yang telah ditentukan dari form sebelumnya. Grafik yang ditampilkan adalah jumlah data berdasarkan jenis. Sama dengan grafik pada dimensi waktu dan mahasiswa, masing-masing batang pada dimensi Produk ini bisa diklik dan akan menampilkan grafik per bahasa dari jenis yang diklik. Bila salah satu batang pada grafik per bahasa diklik, maka akan muncul grafik batang per status.
Form ini hanya memiliki 3 tombol, yaitu: Tombol Cetak untuk mencetak grafik, Tombol Kembali untuk menampilkan form sebelum form grafik ini dan Tombol Keluar untuk menutup aplikasi ini.

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP