Selasa, 29 Mei 2012

BAB IV


BAB IV
PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI

5.1 Kebutuhan Perangkat Yang Digunakan
5.1.1 Perangkat Keras
Adapun perangkat keras yang dibutuhkan untuk implementasi aplikasi ini adalah sebagai berikut:
·         CPU Dual Core atau lebih.
·         Memori minimal 1 GB.
·         Harddisk minimal 10 GB.
·         Monitor
·         CD ROM, Keyboard, Mouse dan Printer.
Keterangan: dapat juga menggunakan Netbook atau Notebook dengan spesifikasi diatas.

5.1.2 Perangkat Lunak
Adapun perangkat keras yang dibutuhkan untuk implementasi aplikasi ini adalah sebagai berikut:
·         Sistem Operasi minimal Windows XP Service Pack 3.
·         Power Designer 6
·         Power Designer 11
·         Microsoft Visual Studio 2005
·         Microsoft SQL Server 2005.
·         Microsoft Visio 2003.

5.2 Implementasi Sistem
            Setelah seluruh perangkat pendukung aplikasi ini telah terpasang, proses selanjutnya adalah implementasi sistem. Berikut ini adalah implementasi aplikasi yang dibuat.

5.2.1 From Login
Gambar 5.1 Fom Login
            Form diatas adalah form awal sebelum masuk ke dalam form utama. Dalam form diatas Terdapat dua kolom isian, yaitu untuk memasukkan username dan password. Sedangkan untuk tombol, form diatas memiliki dua tombol, yaitu tombol OK untuk melakukan proses login dan tombol Cancel untuk membatalkan proses login.
            Bila login gagal atau salah memasukkan karakter, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini. Dimana pada pesan dibawah ini hanya terdapat satu tombol, yaitu tombol Ok untuk melakukan proses login kembali.

Gambar 5.2 Pesan salah dalam proses login
            Bila proses login berhasil, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini. Pada pesan proses login berhasil juga hanya memiliki sebuah tombol, yaitu tombol OK. Dimana tombol tersebut digunakan untuk masuk ke dalam form utama.

Gambar 5.3 Pesan proses login berhasil


5.2.2 Form Utama

Gambar 5.4 Form Utama
Pada form utama diatas adalah form pertama yang muncul setelah proses login berhasil. Dalam form diatas terdapat 3 tab dimensi, yaitu Waktu, Mahasiswa dan Produk. Pada masing-masing tab memiliki komposisi yang sama, yaitu sebuah combocox untuk memilih data yang akan ditampilkan dan dua buah tombol, Lihat dan keluar. Tombol lihat berfungsi untuk melakukan proses menampilkan data yang ingin dilihat (buku, pengunjung dan transaksi peminjaman), sedangkan tombol keluar berfungsi untuk mengakhiri aplikasi.


5.2.3 Form Grafik Tab Produk

Gambar 5.5 Form Grafik Tab Produk
Form diatas adalah form yang muncul saat tombol lihat pada tab produk diklik. Pada form diatas muncul grafik jumlah buku berdasar status buku, terpinjam atau tersedia. Pada form diatas memiliki sebuah combobox dan empat buah tombol. Tombol Detail berfungsi untuk melihat grafik bahasa berdasar status buku tersebut. Tombol Cetak berfungsi untuk melakukan proses cetak grafik. Tombol Kembali berfungsi untuk membuka kembali form sebelum form ini. Sedangkan untuk Tombol keluar berfungsi untuk mengakhiri aplikasi ini.


5.2.4 Form Grafik Detail Produk Buku Status Tersedia

Gambar 5.6 Form Grafik Detail Produk Buku Status Tersedia
Form diatas adalah form yang muncul setelah Tombol detail pada form grafik produk buku diklik. Pada form ini terdapat sebuah grafik yang menampilkan grafik jumlah buku berdasar bahasa buku dan status buku tersedia. Pada form ini memiliki tiga tombol, yaitu tombol cetak yang berfungsi untuk melakukan proses cetak grafik, tombol kembali yang berfungsi untuk membuka kembali form grafik produk buku, dan tombol keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi ini.


5.2.5 Form Grafik Detail Produk Buku Status Dipinjam
Gambar 5.6 Form Grafik Detail Produk Buku Status Dipinjam
Sama seperti Form Grafik Detail Produk Buku Status Tersedia, Form diatas adalah form yang muncul setelah Tombol detail pada form grafik produk buku diklik. Pada form ini terdapat sebuah grafik yang menampilkan grafik jumlah buku berdasar bahasa buku dan status buku dipinjam. Pada form ini memiliki tiga tombol, yaitu tombol cetak yang berfungsi untuk melakukan proses cetak grafik, tombol kembali yang berfungsi untuk membuka kembali form grafik produk buku, dan tombol keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi ini.


5.2.6 Form Dimensi Mahasiswa Data Buku
Gambar 5.7 Form Grafik Buku Dimensi Mahasiswa
Form diatas adalah form grafik yang menampilkan grafik data buku berdasar fakultas pada dimensi Mahasiswa.
Pada form diatas terdapat empat tombol, yaitu: Tombol Detail yang berfungsi untuk menampilkan grafik berdasar jurusan, Tombol Cetak berfungsi untuk melakukan proses cetak, Tombol Kembali untuk menampilkan form sebelumnya, dan Tombol  Keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi. Selain tombol, form diatas juga memiliki sebuah combobox yang berisi tentang pilihan fakultas.

5.2.7 Form Grafik Data Buku Berdasar Jurusan
Gambar 5.8 Form Grafik Data Buku Berdasar Jurusan
Form diatas merupakan form grafik data buku berdasar jurusan pada dimensi Mahasiswa. Form diatas merupakan detail dari Form Grafik Data Buku Berdasar Fakultas.
Pada form diatas terdapat empat tombol, yaitu: Tombol Detail yang berfungsi untuk menampilkan grafik berdasar jurusan, Tombol Cetak berfungsi untuk melakukan proses cetak, Tombol Kembali untuk menampilkan form sebelumnya, dan Tombol  Keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi. Selain tombol, form diatas juga memiliki sebuah combobox yang berisi tentang pilihan jurusan.

5.2.8 Form Grafik Data Buku Berdasar Angkatan

Gambar 5.9 Form Grafik Data Buku Berdasar Angkatan
Pada form diatas adalah form yang menampilkan Grafik Data Buku Berdasar Angkatan pada dimensi Mahasiswa. Form diatas merupakan detail grafik dari form Grafik Data Buku Berdasar Jurusan.
Pada form diatas hanya terdapat dua tombol, yaitu: Tombol Cetak yang berfungsi untuk melakukan proses cetak dan Tombol Keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi.



5.2.9 Form Grafik Dimensi Waktu Data Buku

Gambar 5.10 Form Dimensi Waktu Data Buku
Form diatas adalah form yang menampilkan grafik data buku berdasar tahun pada dimensi waktu.
Pada form diatas terdapat empat buah tombol yaitu: Tombol Detail yang berfungsi untuk menampilkan detail grafik data buku berdasar bulan pada tahun tertentu, Tombol Cetak yang berfungsi untuk melakukan proses cetak, Tombol Kembali yang berfungsi untuk membuka halaman sebaliknya, dan Tombol Keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi. Form diatas memiliki sebuah combobox yang berisi pilihan tahun.

5.2.10 Form Grafik Data Buku Berdasar Tahun pada Dimensi Waktu

Gambar 5.11 Form Grafik Data Buku Berdasar Bulan
Form diatas adalah form yang menampilkan grafik data buku berdasar bulan pada tahun tertentu pada dimensi Waktu. Form diatas adalah detail grafik dari form dimensi waktu.
Pada form diatas terdapat tiga tombol yaitu: Tombol Cetak yang berfungsi untuk melakukan proses cetak, Tombol Kembali yang berfungsi untuk menampilkan form sebelumnya dan Tombol Keluar yang berfungsi untuk mengakhiri aplikasi.


0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP