Selasa, 19 Juli 2011

Model Database atau Basis Data

Dalam Database atau Basis Data terdapat permodelan konseptual data yang disebut dengan Model Database atau Basis Data. Dimana penampilan konseptual data ini merupakan konsep yang dilihat oleh pengguna. Model Database atau Basis Data ini mendefinisikan cara menampilkan entitas, atribut dan relasi antar entitas secara terstruktur.

Terdapat beberapa Model Database atau Basis Data terdiri dari Model Hirarki, Model Jaringan dan Model Hubungan. Berikut penjelasannya:
  1. Model Hirarki, menampilkan data secara hirarki. Contoh: saat kita membuka window explorer. Model ini didasarkan pada hubungan relasi antar tabel one to one dan one to many. Kekurangan dari model ini adalah sebuah entitas tidak bisa dihubungkan dengan lebih dari satu entitas dan entitas hanya mempunyai satu induk entitas saja.
  2. Model Jaringan, memiliki sedikit kelebihan daripada model hirarki. Pada model ini, sebuah entitas dapat memilliki lebih dari satu induk entitas. Akan tetapi, model ini masih memiliki masalah terhadap hubungan many to many secara langsung. Karena ketika hubungan tersebut berubah, maka program aplikasi ikut berubah.
  3. Model Hubungan, penampilan data dalam bentuk konsep hubungan matematika. Data ditampilkan dalam bentuk tabel, dimana tiap tabel mempunyai kolom dan baris. Tiap tabel memiliki satu kolom unik (primary key) untuk membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya.
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Model Database atau Basis Data. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP