Rabu, 30 Maret 2011

Pengertian Basis Data

Pada postingan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang apa itu basis data. Untuk lebih detail, mari kita lihat gambar dibawah ini.



 Pada gambar diatas, lemari arsip merupakan basis atau tempat, sedangkan pegawai, pembelian, produksi dan penjualan merupakan data. Jadi basis data bisa disimpulkan sebuah media penyimpanan data. Dimana dalam lemari tersebut, data tersebut ditata dengan rapi.

Jadi, Sistem Basis Data adalah:
  • Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah
  • Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan
  • Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.
Tidak semua bentuk penyimpanan data secara elektronis (komputer) bisa disebut basis data. Kita dapat menyimpan dokumen berisi data dalam file teks (dg program pengolah kata),tapi tidak bisa disebut sebagai basis data. Karena didalamnya tidak ada pemilahan & pengelompokan data sesuai jenis/fungsi data sehingga akan menyulitkan pencarian data kelak.

Yang sangat ditonjolkan dalam basis data adalah pengaturan/pemilahan/pengelompokan/pengorganisasian data yang akan kita simpan sesuai fungsi/jenisnya. Pemilahan/pengelompokan/pengorganisasian ini dapat berbentuk sejumlah file/tabel terpisah atau dalam bentuk pendefinisian kolom-kolom/field-field data dalam setiap file/tabel.

Semoga bermanfaat.. 

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP