Jumat, 22 Juli 2011

Database Management System (DBMS)

Penggunaan database kini telah banyak. Baik oleh instansi pemerintah, perusahaan, sekolah dan lain-lain. Database sendiri adalah media penyimpanan  elektronik yang terdiri dari sekumpulan tabel dan berisi data. Tujuan database adalah untuk memberikan informasi kepada para pengguna database itu sendiri.

Salah satu yang berhubungan dengan database yaitu Database Management System (DBMS). Apa itu DBMS? Database Management System (DBMS) adalah sebuah perangkat lunak atau software yang berguna untuk mengatur penyimpanan data dan mengatur akses data dalam database. Hal ini semuanya diatur oleh Sistem Informasi yang ada dan meliputi beberapa unsur, yaitu: keamanan data, hak akses user dan perbaikan. Pengguna data program berinteraksi melalui Database Management System (DBMS) ini.

Database Management System (DBMS) ini mempunyai cara untuk mengatur penyimpanan, bagaimana data diatur dalam media penyimpanan, serta bagaimana cara data diakses oleh pengguna. Didalam DBMS ini terdapat Meta Data (Data Dictionary) yang berfungsi untuk menyimpan informasi yang berhubungan dengan database dan objek-objek yang ada pada database.

Contoh Database Management System (DBMS) adalah:
  • Oracle
  • Postgre
  • MySQL
  • SQL Server
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Database Management System (DBMS). Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat..

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP