Jumat, 29 Juli 2011

Atribut dan Relasi pada Database

Dalam pembuatan database atau basis data relasional, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu Atribut dan Relasinya. Apa itu Atribut dan Relasi? Berikut akan saya jelaskan lebih detail. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Atribut dan Relasi pada Database. Berikut penjelasan Atribut dan Relasi pada Database lebih jelas:
1. Atribut

 Dalam pembuatan Model E-R, harus kita perhatikan kedudukan atribut dalam entitas. Harus kita bedakan, mana atribut Key Primer dan mana yang bukan (atribut deskriptif). Contoh:
  • Pada Entitas Mahasiswa, sebagai primary key adalah nim karena paling unik, sedangkan atribut lainnya (nama_mhs, alamat_mhs, dan tgl lahir) merupakan atribut deskriptif
  • Pada Entitas Mobil, sebagai primary key-nya adalah plat nomer, sedangkan atribut lainnya adalah: merk, jenis, tahun pembuatan, dll.

2. Relasi

Menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yg berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Kumpulan semua relasi diantara entitas-entitas yang terdapat pada himpunan entitas2 tersebut membentuk HIMPUNAN RELASI. Relasi ada beberapa macam: one to many, one to one, many to many.

Sebagai tambahan, Kardinalitas/Derajat Relasi menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Atribut dan Relasi pada Database. Bila ada kesalahan atau kekurangan, mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP