Rabu, 27 Juli 2011

Sekilas Tentang Data, Entitas, dan Relasi

Database atau Basis Data terdiri dari data. Data adalah mewakili kenyataan suatu entitas (objek). Dimana entitas tersebut memiliki sebuah objek atau bisa dibilang sebuah barang yang sudah diidentifikasi  sebelumnya dengan memasang nomer atau biasa disebut Primary Key.

Misalkan kita memiliki entitas Buku. Buku tersebut terdiri dari nomer buku, judul buku, dan pengarang. Semua itu dinamakan Atribut Entitas. Sebuah entitas dapat dihubungkan dengan entitas yang lain, hubungan itu disebut dengan Relasi. Ada beberapa jenis hubungan:
  • One to One. Sebuah data pada entitas A, hanya digunakan oleh sebuah data pada entitas B.
  • One to Many. Sebuah data pada entitas A, digunakan oleh banyak data pada entitas B.
  • Many to Many. Banyak data pada entitas A, dapat digunakan oleh banyak data pada entitas B.

Sebuah entitas memiliki sebuah atribut yang unik untuk membedakan entitas tersebut dengan entitas yang lain. Atribut tersebut dinamakan Primary Key. Contoh entitas buku memiliki primary key nomer_buku. Bila entitas buku tersebut terdapat primary key dari entitas Penerbit, maka primary key dari entitas Penerbit tersebut Foreign Key.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai  Data, Entitas, dan Relasi yang terdapat pada database atau basis data. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP