Selasa, 29 Mei 2012

BAB I


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Perpustakaan pada UPN “VETERAN” JATIM adalah sebuah instansi atau unit pelayanan yang berperan untuk menyediakan layanan bagi siapa saja, khususnya mahasiswa UPN sendiri yang ingin mencari referensi, menambah pengetahuan, ataupun sekedar membaca buku untuk mengisi waktu luang. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dalam dunia globalisasi, yang diikuti dengan perkembangan disektor-sektor yang lain, tantangan akan kecepatan, ketepatan dan kemudahan didalam akses suatu informasi harus dapat terpenuhi dengan baik.
Penggunaan datawarehouse diharapkan dapat mengatasi banyaknya data yang mengalir dalam sistem informasi tersebut. Datawarehouse (menurut Setyarini, 2009) digunakan untuk mengekstrak informasi penting dari data yang tersebar dibeberapa sistem informasi. Data yang sudah terintegrasi selanjutnya akan dimanfaatkan untuk kegiatan penyampaian informasi  yang dapat ditinjau dari berbagai dimensi dan dapat diatur tingkat rinciannya. Penggunaan datawarehouse sebagai pengumpulan data dan informasi untuk dapat menunjang pihak perpustakaan UPN dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu pihak perpustakaan, khususnya kepala perpustakaan dalam mengambil keputusan agar bisa memberikan fasilitas yang dapat menumbuhkan minat baca mahasiswa dengan melengkapi ataupun menambah koleksi buku-buku yang ada.
            Kepala perpustakaan mungkin memiliki tugas yang cukup banyak sehingga enggan untuk melihat data langsung melalui database, atau karena jadwal yang sibuk. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem sebagai pengembangan sistem yang sudah ada, yang dapat memenuhi kebutuhan data yang sesuai dengan kebutuhan kepala perpustakaan. Sistem tersebut adalah sistem informasi eksekutif.
            Sistem ini hanya bersifat menampilkan data buku dan member dalam bentuk laporan dan grafik. Sistem ini dibuat dengan tampilan yang sederhana dan user-friendly untuk memudahkan kepala perpustakaan dalam penggunaannya. Sistem ini dibuat untuk membantu kepala perpustakaan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perkembangan perpustakaan kedepannya.

1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan tentang penjelasan latar belakang diatas, maka dapat disimpulkan perumusan masalah tugas akhir ini adalah:
·            Bagaimana merancang dan membangun sistem informasi eksekutif perpustakaan sehingga dapat membantu para pegawai perpustakaan.


1.3 BATASAN MASALAH
Adapun batasan masalah dari sistem yang akan dibuat adalah sebagai berikut:
·         Menggunakan data buku dan data peminjam tanpa melakukan perubahan terhadap database yang sudah ada.
·         Data ditampilkan berupa laporan dan grafik. Dimana data yang digunakan merupakan data fiktif.
·         Proses input hanya username dan password pada saat login ke sistem.
·         Menggunakan Fakultas Teknologi Industri dan jurusan Sistem Informasi

1.4 TUJUAN
Tujuan tugas akhir ini adalah:
·         Merancang dan membangun sistem informasi eksekutif perpustakaan.

1.5 MANFAAT
Manfaat dari tugas akhir ini bagi perpustakaan adalah memberikan pengembangan sistem informasi perpustakaan yang sudah ada, Serta memberi kemudahan untuk kepala perpustakaan dalam melihat data buku dan member tanpa harus melihat ke database, sehingga membantu tugas seorang kepala perpustakaan.

1.6 SISTEMATIKA PENULISAN
Laporan Tugas Akhir ini terdiri atas 5 bab dengan rincian sebagai berikut:
Bab I PENDAHULUAN                   : Membahas mengenai latar belakang, ruang lingkup masalah, batasan masalah, tujuan, dan manfaat.
Bab II TINJAUAN PUSTAKA         : Membahas mengenai profil singkat di Perpustakaan UPN VETERAN JATIM, Penjelasan Sistem Informasi Eksekutif, Visual Basic dan SQL Server
Bab III PERANCANGAN                : Bab ini menjelaskan tentang perancangan system yang akan dibuat.
Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN: Bab ini menjelaskan tentang hasil uji coba program sistem informasi praktikum beserta pembahasannya
Bab V PENUTUP                              : Berisi tentang kesimpulan dari kerja praktek.lapangan, dan saran

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP