Sabtu, 13 Agustus 2011

Key dan Atribut Deskriptif

Pada setiap tabel disemua database, pasti memiliki beberapa key yang memiliki peran masing-masing. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Key dan Atribut Deskriptif pada konsep desain sebuah Database.

Key adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang digunakan untuk membedakan tiap baris data yang ada pada sebuah database (row). Jika sebuah atribut dijadikan sebagai key, maka tidak boleh ada atribut lain yang dijadikan key dengan nilai yang sama.

Ada 3 macam key yang dibedakan pada sebuah tabel, yaitu: Superkey, Candidate Key dan Primary Key.
1. Superkey adalah satu atau lebih atribut yang dapat membedakan tiap baris data (row) dalam tabel secara unik. Pada sebuah tabel bisa terdapat sekumpulan superkey. Contoh: Mahasiswa
                - (nim, nama_mahasiswa, alamat_mhs, tgl_lahir)
                - (nim, nama_mhs, alamat_mhs)
                - (nim, nama_mhs)
                - (nama_mhs),jika kita bisa jamin tdk ada nilai yg sama u/atribut ini
                - (nim)

2. Candidate-Key merupakan kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan tiap baris data (row) dalam sebuah tabel secara unik. Pada tabel mahasiswa adalah:
                - (nim)
                - (nama_mhs), jika kita bisa jamin tidak ada nilai yang sama untuk kolom ini.

3. Primary Key merupakan suatu atribut yang dijadikan identitas atau kunci pada sebuah tabel. Primary Key pada sebuah tabel hanya ada 1. Bila Primary key tabel A berada pada tabel B, maka primary key tersebut dinamakan Foreign Key.

Berikut tadi penjelasan singkat mengenai Key dan Atribut Deskriptif. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahi. Semoga bermanfaat..

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP