Selasa, 09 Agustus 2011

Arsitektur Database (Basis Data)

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Arsitektur Database (Basis Data). Dimana saya akan menjelaskan beberapa sudut pandang pengguna database atau basis data itu sendiri.

Arsitektur Database (Basis Data) memiliki beberapa pandangan yang berbeda. Berikut adalah pandangan-pandangan tersebut terhadap Arsitektur Database (Basis Data):
  1. Pandangan eksternal. Merupakan pandangan individu pengguna akhir (end-user), seperti: manajer, operator. Pada level ini hanya berkepentingan pada sebagian kecil dari keseluruhan database/basis data karena pengguna hanya menggunakan data sesuai dengan kebutuhan dan wewenang yang mereka miliki. Contoh: pengguna bagian kepegawaian berkepentingan dengan bagian atau table karyawan, dan mereka tidak membutuhkan data pada bagian atau table keuangan. Jadi, data dalam database/basis data dikerjakan dengan eksternal data definition language.
  2. Pandangan konseptual. Tingkat dimana pandangan para pengguna digabungkan menjadi satu konsep terstruktur dan terintegrasi sehingga menjadi sebuah gambaran baru secara keseluruhan database/basis data. Pandangan konseptual (abstrak dengan data yang sebenarnya tersimpan) tidak sama dengan fisik data yang tersimpan dan tidak sama dengan pandangan dari sisi pengguna yang menggunakan sebagian kecil dari database/basis data. Jadi, data dalam database/basis data dikerjakan dengan eksternal data definition language.
  3. Pandangan internal. Pandangan penyimpanan yang mendekati dengan penyimpanan secara fisik. Memperlihatkan cara data disimpan, seperti: paging, clustering, indexing, dll yang berorientasi pada hardware computer. Media computer yang sering digunakan adalah harddisk, drum, disket, hardcard, cd, dll
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Arsitektur Database (Basis Data). Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP