Kamis, 31 Maret 2011

Istilah pada Sistem Database

Dalam penggunaan sistem database pada perusahaan maupun organisasi, terdapat beberapa istilah khusus yang mana tidak semua orang sering dengar. Terdapat beberapa istilah-istilah tertentu yang sering digunakan dalam sistem database. Baik dalam proses desain maupun proses penggunaan database itu sendiri.
Berikut adalah istilah-istilah tersebut:
a.Enterprise, bisa dibilang suatu bentuk organisasi atau perusahaan. Contoh : universitas, rumah sakit, hotel,dll.
b.Entitas, merupakan suatu obyek yang dapat dibedakan dengan objek lainnya. Bisa juga dikatakan isi dari enterprise. Contoh : sistem akademik, memiliki entitas = mahasiswa, khs, pembayaran.
c.Attribute/field, setiap entitas mempunyai atribut atau suatu sebutan untuk mewakili entitas tersebut dengan entitas yang lain. Contoh : Entity siswa memiliki atribut = npm, nama_mahasiswa, alamat.
d.Data value (nilai atau isi data), data actual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau attribute. Contoh : atribut nama_mahasiswa = ade perdhana. Sedangkan untuk atribut npm = 0735010090.
e.Record/tuple, kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap.
  contoh : satu record mewakili satu data/informasi = nim, nm_mhs, alamat.
f.File, kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen sama, attribute yang sama, namun berbeda-beda data valuenya
g.Kunci elemen data, tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas
h.Database Management System (DBMS), kumpulan file yang saling berkaitan bersama dengan program untuk pengelolaannya. Seperti: Oracle, MySQL, dll.

0 komentar:

About

Foto Saya
All about Information System
Lihat profil lengkapku

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP